Mengenai Saya

Foto saya
Nama lengkapku Ida Forentina. Orang biasa memanggilku Ida. Aku lahir di Semarang pada tanggal 12 Oktober 1996 dengan normal alhamdulillah. Untuk kepribadianku sendiri, aku adalah seseorang yang suka berkreasi dan berinovasi. Aku suka mencoba hal-hal baru tapi cepat sekali merasa bosan. Aku orang yang selalu ingin hal yang terbaik di setiap pekerjaan yang aku lakukan.

Kamis, 14 Januari 2016

Makalah Kewirausahaan (Succses Story : Bob Sadino, Nadiem Makarim (Gojek), Bill Gates)



 
 
MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
KISAH SUKSES WIRAUSAHAWAN
 
 
Disusun oleh :
Ida Forentina                                   (1102414051)
Wawan Setiyawan                           (1102414060)
Muhammad Habiiburrohman        (1102414069)
Septi Pipit Wiryanti                         (1102414074)
 
 
 
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2015
KATA PENGANTAR
 
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta inayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan, dengan judul “Kisah Sukses Wirausahawan.
Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa untuk mengetahui tentang bagaimana peluang usaha dalam berwirausaha. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata kami sampaikan terimakasih pada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita.
 
 
 
 
Penyusun           
 
 
 
 
 

DAFTAR ISI
 
Cover.................................................................................................................
i
Kata pengantar ………………………………………………………………...
ii
Daftar isi ………………………………………………………………………
iii
Bab 1 Pendahuluan
1.1.Latar belakang ………………………………………………………...
1.2.Rumusan masalah ……………………………………………………..
1.3.Tujuan …………………………………………………………………
 
1
2
2
Bab 2 Pembahasan
2.1.Karakteristik Wirausahawan yang Sukses............................................
2.2.Profil Bob Sadino...........................................................................................
2.3.Perjalanan Hidup Bob Sadino...............................................................
2.4.Fakta Tentang Om Bob.........................................................................
2.5.Pelajaran Yang Diperoleh........................................................................  
2.6.Profil Nadiem Makarim...........................................................................
2.7.Awal Mula Berdirinya Go Jek.................................................................
2.8.Layanan Go Jek.......................................................................................
2.9.Pelajaran Yang Diperoleh........................................................................
3.0.Profil Bill Gates.......................................................................................
3.1.Perjalanan Hidup Bill Gates....................................................................
 
3-7
7-8
8-10
10-12
12-13
13
13-14
14
14-15
15-16
17-19
 
Bab 3 Penutup
3.1.Kesimpulan ……......………………………………………………......
 
20
 
Daftar Pustaka ………………………….……………………………………..
21
 
 
 


BAB I

PENDAHULUAN

           

1.1.Latar Belakang

 Di dalam berwirausaha ada beberapa aspek yang menentukan berhasil tidaknya suatu usaha yang dijalankan. Diantaranya aspek modal, pengelolan maupun pemasaran. Modal bisa didapat dari berbagai cara misalnya dengan modal yang kita punya sendiri ataupun dengan pinjaman. Oleh karena itu sangat dibutuhkan suatu kemitraan atau hubungan sosial yang baik dalam berwirausaha. Karena terkadang dalam berwirausaha kita tidak dapat memulainya sendiri baik karena kekurangan uang, sumber daya, maupun kreatifitas. Oleh karena itu kemitraan sangat dibutuhkan dan merupakan salah satu aspek yang penting dalam berwirausaha. Sedangkan mengenai pengelolaan atau manajemen dan pemasaran akan lebih baik bila kita menguasainya lebih jauh sebagai seorang wirausahawan, karena aspek pengelolaan dan pemasaran merupakan aspek yang memegang peranan penting. Karena itulah penulis menguraikan pembahasan ini dalam bentuk makalah mengenai bagaimana mengelola sendiri usaha yang dijalani atau mendatangi konsumen sendiri.

Menjadi seorang wirausahawan tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak skill , modal, dan mamajemen yang baik. Tentunya kiat-kiat keberhasilan wirausaha dari para pakarnya akan sangat membantu bagi mereka yang ingin memulai suatu usaha. Dimulai dengan pengenalan siapakah wirausahawan itu, apa karakteristik-karakteristik seorang wirausahawan yang sukses, dan juga apa rahasia dibalik kesuksesan wirausahawan.

Dalam bab pembahasan, penulis mencoba untuk menguraikan mengenai beberapa tokoh baik dari dalam maupun luar negeri yang sukses menjadi wirausahawan.

 


 

1.2.Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka dapat dirumuskan masalah-masalah sebagai berikut ini:

1.      Apa karakteristik-karakteristik seorang wirausahawan yang sukses ?

2.      Apa rahasia di balik kesuksesan seorang wirausahawan ?

3.      Bagaimana kisah perjalanan membangun usaha seorang Bob Sadino ?

4.      Bagaimana kisah perjalanan membangun usaha seorang Nadiem Makarim?

5.      Bagaimana kisah perjalanan membangun usaha seorang Bill Gates ?

1.3.Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah:

1.      Untuk mengetahui karakteristik-karakteristik seorang wirausahawan yang sukses.

2.      Agar kita menjadi tertarik untuk menjadi seorang wirausaha dan memulai menanamkan sikap kewirausahaan di dalam diri kita masing-masing sejak dini.

3.      Agar sosok seorang Bob Sadino dapat kita jadikan sebagai motivator kita dalam membangun dan mengembangkan kewirausahaan.

4.      Agar sosok seorang Nadiem Makarim dapat kita jadikan sebagai motivator kita dalam membangun dan mengembangkan kewirausahaan.

5.      Agar sosok seorang Bill Gates dapat kita jadikan sebagai motivator kita dalam membangun dan mengembangkan kewirausahaan.

 


 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Karakteristik Wirausahawan yang Sukses

Dari pengertian Wirausahawan sebelumnya, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa seorang wirausahawan adalah individu-individu yang berorientasi kepada tindakan, dan memiliki motivasi tinggi, yang beresiko dalam mengejar tujuannya. Terlepas dari apa yang disebut sukses, setiap usaha selalu memiliki banyak faktor yang bisa membuatnya sukses dan berhasil. Salah satunya adalah pelaku usaha itu sendiri, tidak mudah ketika seorang pengusaha akan membuat usahanya sukses, terlebih untuk pengusaha baru. Hal yang paling penting juga adalah karakteristik yang ada didalam diri setiap pengusaha. Karakteristik yang dimiliki oleh pengusaha sukses tidak dibentuk dengan mudah. Ada yang memang terbentuk secara alami, ada juga yang dibentuk melalui proses panjang yaitu dengan belajar. Banyak sekali yang dapat dipelajari, dari mulai mengembangkan sikap menang , terutama jika Anda menetapkan tujuan dan menerapkannya di diri Anda , perencanaan strategis , serta untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut secara bertahap dan terukur . Berikut ini 10 karakteritik umum pengusaha sukses :

a.       Lakukan apa yang Anda Sukai

Apa yang Anda dapatkan dari bisnis dalam bentuk kepuasan pribadi , keuntungan finansial , stabilitas dan kenikmatan akan menjadi jumlah apa yang Anda masukkan ke dalam bisnis Anda . Jadi, jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan , kemungkinan besar itu akan membuat anda sulit untuk mengerjakan apa yang anda tekuni, dan tentu saja akan berpengaruh pada keberhasilan berikutnya . Bahkan , jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan , kemungkinan Anda tidak akan berhasil.

b.      Serius dalam Mengerjakan Sesuatu

Keseriusan adalah salah satu kunci dalam mencapai kesuksesan, terutama dalam bisnis. Kecuali anda hanya ingin merasakan menjadi pengusaha yang biasa biasa saja, tanpa adanya perubahan besar. Terlalu banyak pemilik usaha gagal untuk membawa bisnis mereka mencapai kesuksesan karena kurangnya motivasi dan keseriusan dalam menjalankan bisnis, meskipun bisnis tersebut masih kecil. Keseriusan bisa dimulai dari sebuah rencana atau ide yang disampaikan, hingga perencanaan, pelaksanaan, hingga akhirnya pengelolaannya. Tidak mudah memang menjaga konsistensi dalam menjalankan usaha, terlebih ketika ada pengaruh lain dari luar. Namun ketika anda bisa menjaga keseriusan anda dalam menjalankan sesuatu, maka usaha anda akan sukses.

c.       Selalu Merencanakan Segala Sesuatu

Langkah awal ketika ingin mendirikan sebuah usaha tentu saja adalah merencanakannya. Perencanaan ini bukanlah sebuah keharusan, melainkan juga menjadi sebuah kebiasaan bagi setiap pemilik bisnis yang akan membangun atau mengembangkan usahanya. Tindakan perencanaan bisnis sangat penting karena mengharuskan anda untuk menganalisa setiap situasi bisnis, penelitian, pengolahan data, dan membuat kesimpulan berdasarkan pada fakta – fakta yang terungkap melalui penelitian. Anda dapat menggunakan rencana yang anda buat baik sebagai peta yang akan membawa anda dari titik A ke titik Z dan juga sebagai tolak ukur untuk mengukur keberhasilan setiap program atau segmen dalam rencana anda. selalu rencanakan setiap kegiatan atau keputusan yang ingin anda laksanakan sebagai salah satu pengembangan usaha anda.

d.      Mampu Mengelola Uang dengan Bijaksana

Uang mampu menjadi faktor terbesar dari kehidupan sebuah usaha. Karena setiap usaha pasti melakukan pembelian, pembayaran, promosi dan pemasaran bisnis anda, tidak ketinggalan juga yaitu pengelolaan peralatan dan perlengkapan serta membayar para karyawan berupa gaji. Oleh karena itu, pengelolaan uang sangatlah penting. Ketika sebuah rencana sudah mulai dibicarakan, masalah uang ini tidak dapat dikesampingkan. Sehingga semua pemilik usaha harus mampu menjadi manajer uang yang bijaksana untuk memastikan bahwa uang terus mengalir dan seluruh tanggungan telah dilaksanakan. Meskipun dalam usaha anda, memiliki seseorang yang mengontrol keuangan perusahaan anda, namun tidak ada salahnya anda ikut turun tangan dan juga mengelolanya.

e.       Kreatif dalam Penjualan

Seorang pengusaha harus ingat bahwa pemasaran, iklan atau kegiatan promosi lainnya itu sangatlah berharga untuk bisnisnya. Terlepas dari seberapa cerdas, mahal atau sempurnanya penjualan yang mereka targetkan. Keterampilan dalam hal penjualan atau promosi sangatlah diperlukan. Bagaimana anda mampu mengajak seseorang untuk melihat produk anda, tertarik dengan penjelasan anda, hingga tertarik untuk membeli produk anda. tidak ada salahnya sebagai pemilik usaha anda juga merangkap sebagai seorang sales atau pemasar. Anda perlu memiliki banyak ide – ide unik, bukan hanya untuk produk anda, tapi juga untuk promosi produk anda.

f.       Mengutamakan Pelanggan

Pelanggan adalah raja dalam usaha anda. Bisnis yang anda jalani bukan hanya tentang produk atau jasa yang anda jual. Tapi ada pelanggan yang menjadi faktor kesuksesan terbesar anda. Bisnis anda juga bukan tentang harga, pesaing dan bagaimana mengalahkan mereka. Ini semua tentang pelanggan anda. Setelah itu semua pelanggan anda adalah orang – orang yang memutuskan apakah pada akhirnya produk anda akan mencapai sukses atau malah rugi. Segala sesuatu yang anda lakukan dalam bisnis harus terfokus pada pelanggan, yang mencangkup kebijakan anda, jaminan terhadap produk anda, pilihan pembayaran, jam operasi, dan segala hal yang dibutuhkan oleh pelanggan. Biasanya pelanggan membutuhkan transaksi yang mudah dan memberikan dirinya kenyamanan dalam bertransaksi dengan anda.

g.      Mengenal Pelanggan dengan Baik

Salah satu faktor terbesar dalam kesuksesan berusaha adalah kebahagiaan pelanggan. Bagaimana pelanggan mampu bertahan dan terus percaya kepada produk atau layanan anda. Pemilik usaha bukan hanya terfokus pada penciptaan produk atau layanan yang tepat guna dan terbaik, tapi juga kepada pelayanan apabila ada komplain atau keluhan, hingga akhirnya pemilik usaha mampu mengenal bagaimana pelanggan mereka. Anda bisa mulai dengan mengajak pelanggan anda berbicara langsung atau sekedar mengirim email untuk menyapa para pelanggan anda. kebanyakan pemilik usaha hanya berada dibelakang layar, cobalah untuk sekali turun ke lapangan untuk sekedar menyapa pelanggan anda. Dengan begitu bukan hanya anda yang memperoleh keuntungan karena mampu mengenal pelanggan anda, tapi juga pelanggan anda yang akan bertahan dalam usaha anda.

h.      Mampu berkolaborasi dengan Siapa Saja

Setiap pemilik usaha selalu disibukkan dengan penciptaan, pengembangan dan pengelolaan usahanya. Tapi tidak ada salahnya ketika pemilik usaha mampu menyisihkan waktunya untuk berkumpul atau bergabung dengan sebuah komunitas tertentu. Banyak hal yang didapatkan dari itu, salah satunya koneksi bisnis yang banyak dan luas, ilmu baru baik tentang bisnis atau yang lainnya, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa terlibat dalam sebuah acara amal atau dalam pengorganisasisan acara sebuah komunitas. Dengan begitu anda akan mengenal lingkungan diluar lingkungan bisnis anda.

i.        Memiliki Kemampuan dalam Menarik Perhatian

Pemilik usaha tidak bisa membuang – buang waktu, uang dan energi untuk memajukan usahanya, terutama untuk pemilik usaha kecil. Anda harus memiliki kemampuan untuk menarik perhatian calon pelanggan atau pelanggan anda. Bisa melalui cara promosi. Ketika usaha anda masih baru, anda harus memberikan sebuah ciri khas yang mampu menggambarkan usaha anda terlebih diri anda. Apalagi ketika anda mampu menciptakan cara yang berbeda dengan usaha yang lain, yang mampu menarik perhatian pelanggan anda.

j.        Mampu Memberikan Kenyamanan

Ketika anda mampu memberikan kenyamanan kepada pelanggan anda, maka jangan melupakan kenyamanan didalam perusahaan anda. Ketika kenyamanan sudah tercipta di dalam, maka secara otomatis akan berdampak pada kenyamanan pelayanan terhadap pelanggan anda. Anda bisa mulai dengan hal yang paling sederhana, yaitu mendekorasi kantor atau tempat usaha anda senyaman mungkin, sehingga setiap pekerja atau karyawan yang bekerja pada anda akan merasa nyaman dan mampu bekerja dengan baik. Desain ruangan dengan seindah mungkin, yang mampu mendorong setiap karyawan mampu menjadi produktif lebih lama. Hal ini juga akan berpengaruh kepada pelanggan anda, ketika pelanggan anda mengunjungi kantor atau tempat usaha anda, yang mereka butuhkan juga kenyamanan pada saat berkunjung. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap hal yang lainnya.

2.2. Profil Bob Sadino

            Bambang Mustari Sadino (lahir di  Bandar Lampung, 9 Maret 1933 meninggal di Jakarta, 19 Januari 2015 pada umur 81 tahun) atau akrab dipanggil Bob Sadino, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan. Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Ayah Bob Sadino, adalah pria Solo yang menjadi seorang guru dan kepala sekolah di SMP dan SMA Tanjungkarang, beliau meninggal dunia ketika Bob berusia 19.

            Dalam perjalanannya berkeliling dunia, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed. Pria dengan berpakaian ''dinas'' celana pendek jin dan kemeja lengan pendek yang ujung lengannya tidak dijahit, ini adalah salah satu sosok entrepreneur sukses yang memulai usahanya benar-benar dari bawah dan bukan berasal dari keluarga wirausaha. Pendiri dan pemilik tunggal Kem Chicks (supermarket).

2.3.   Perjalanan hidup Bob Sadino

A.  Melangkah pulang ke tanah air

            Pada tahun 1967, Bob dan keluarganya kembali ke Indonesia. Ia membawa serta 2 Mercedes miliknya, buatan tahun 1960-an. Salah satunya ia jual untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan sementara yang lain tetap ia simpan. Di Indonesia, Bob Sadino bekerja di PT. UNILEVER Indonesia. Kemudian Om Bob memutuskan untuk keluar dari perusahaan tempat ia bekerja, karena pola pikirnya yang ingin maju dan sukses secara mandiri. Om Bob tidak ingin kerja terikat dan terus menerus di perintah oleh atasan. Sang istri pun turut mendukung keputusan Om Bob. Tekad Om Bob sudah bulat, Om Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya .

B. Awal dari kemandirian, Namun rintangan hidup menghadang

            Pekerjaan pertama yang dilakoninya setelah keluar dari perusahaan adalah menyewakan mobil Mercedes yang ia miliki, ia sendiri yang menjadi sopirnya. Namun sayang, suatu ketika ia mendapatkan kecelakaan yang mengakibatkan mobilnya rusak parah, ”Hati saya ikut hancur,” kata Bob.  Om Bob tidak  mempunyai uang untuk memperbaikinya, Jatuh bangun kehidupannya tak membuat semangatnya surut, Om Bob kemudian mencoba cara lain untuk menafkahi keluarganya. Kemudian Bob beralih pekerjaan menjadi tukang batu. Gajinya ketika itu hanya Rp.100. Padahal, kalau ia mau, istrinya, Soelami Soejoed, yang berpengalaman sebagai sekretaris di luar negeri, bisa menyelamatkan keadaan. Tetapi, Bob bersikeras, ”Sayalah kepala keluarga. Saya yang harus mencari nafkah.” Kondisi seperti  ini tentu saja membuat, Bob Sadino sangat depresi dan sedih, kehidupan yang tadinya dirasa aman dan masih di atas roda telah berbalik 180 derajat saat itu.Namun dari pengalaman hidupnya yang getir itu tak lantas membuat Bob Sadino patah arang, semangat juangnya terus membara untuk menyongsong masa depan yang lebih baik bersama anak istrinya.

C. Inspirasi dari Seekor Ayam

            Suatu hari, seorang sahabat Om Bob menyarankannya untuk beternak dan berbisnis telur ayam negeri, karena pada waktu itu telur ayam negeri masih jarang di pasaran. Melihat peluang bisnis yang ada Om Bob akhirnya tertarik dan setuju menggeluti bisnis itu. Sekalian untuk pulih dari depresi yang ia alami. Saat beternak ayam itulah Bob Sadino menerima ilham. Ia sering sekali mencermati kehidupan ayam. Ayam tak punya akal tetapi tetap bisa mencari makan dan menyambung hidup. apalagi seorang manusia seperti dirinya yang memiliki akal budi. Lewat Ilham inilah yang kemudian membuatnya menjadi seorang pengusaha yang gigih berjuang dan pantang menyerah. Berbekal istri yang mendukungnya, Om Bob memulai bisnis beternak dan  berjualan telur melalui pintu ke pintu kepada orang-orang asing yang ada di daerah kemang.

D. Perkembangan bisnis Melonjak

            Dari berternak ayam, setiap hari Bob dan istrinya bisa menghasilkan dan menjual telor beberapa kilogram. Karena ulet, gigih dan tekun, dalam waktu satu setengah tahun bisnis peternakannya berkembang pesat. Kebetulan Kemang adalah pusat pemukiman orang asing di Jakarta.  Ia memiliki banyak pelanggan terutama orang asing yang tinggal di sekitar Kemang. Selain Om Bob tahu sedikit banyak budaya mereka, Om Bob juga fasih berbahasa Inggris karena pernah menetap di luar negeri cukup lama.

E.  Pelopor ayam negeri adalah “babu orang asing"

            Kerja keras telah terbukti dan Lambat laun, bisnis yang digeluti Om Bob pun semakin meningkat dan tanpa disadarinya, Om Bob telah menjadi pelopor ayam negeri beserta telurnya di Indonesia. Terkadang ada beberapa pelanggan asing yang mengeluhkan pelayanan yang belum maksimal dari Om Bob. Namanya juga berdagang ada kalanya pelanggan kurang puas dengan pelayanannya tetapi Bob Sadino segera memperbaiki pelayanan mereka sehingga bisnisnya bertambah ramai. Karena itulah Om Bob pernah dimaki sebagai “babu orang asing” alias pelayan orang asing.

F. Prinsip

            Selain peternakan ayam, Bob Sadino juga merambah bisnis swalayan yang diberi nama Kem Chicks dengan pangsa pasar tetap orang asing sekitar Kemang. Om Bob percaya akan filosofi kesuksesan bahwa sukses tidaklah diraih secepat kilat seperti membalikkan telapak tetapi harus berproses bahkan harus berhadapan dengan kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Ia dan istrinya sering jungkir balik memperjuangkan usahanya agar terus maju dan berkembang. Uang bukanlah nomor satu yang terpenting adalah kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang serta melakukan tindakan. Begitulah prinsip Bob Sadino.

G.  Pelayanan adalah kunci utama

            Selain hal-hal diatas, ada satu rahasia lagi pada diri Om Bob yang membuat pelanggannya bertambah banyak dan bersimpati padanya yaitu keluwesannya dan kesabarannya dalam melayani dan mendengarkan keluh kesah pelanggan bahkan kritikan terpedas sekalipun Om Bob sangat berbesar hati menerima dan memperbaiki diri serta pelayanan. Hal ini kemudian membuat Bob semakin banyak belajar dari pengalaman bisnisnya bahwa pelayanan yang maksimal adalah kunci utama keberhasilan seorang pengusaha. Karena Bisnis pasar swalayan Kem Chicks  berkembang pesat, Om Bob merambah ke agrobisnis, khususnya holtikutura, mengelola kebun-kebun sayur mayur untuk konsumsi orang asing di Indonesia  khususnya Kemang. Karena itu ia juga menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa daerah.

2.4. Fakta tentang Om Bob

A.  Tindakan lebih utama

Bob Sadino merupakan sosok yang sederhana dalam kesehariannya maupun dalam bisnisnya, ia lebih mengedepankan tindakan dalam mengubah nasib dari pada hanya teori-teori sukses yang selama ini diajarkan.

B.  Karyawan = keluarga

Bob menempatkan perusahaannya yang paling utama, seperti sebuah keluarga sendiri. Semua karyawan Kem Chicks harus saling menghargai, atasan menghargai bawahan dan bawahan menghormati atasan. Tidak ada yang utama semua memiliki kekuatan dan fungsi. Bahkan office boy sekalipun sangatlah berjasa, jika tidak ada mereka maka kondisi kantor akan sangat kotor dan tidak nyaman sekali tentunya.

C.  Wirausahawan religius

Selain menggeluti bisnis, Om Bob juga sangat religius. Om Bob selalu mendekatkan diri pada Allah SWT. Ini terbukti bahwa Om Bob telah melaksanakan ibadah haji. Tetapi walau sudah haji Om Bob tetaplah berpenampilan nyentrik karena itu adalah ciri khas beliau. Beliau juga sangat menyukai musik jazz dan klasik. Waktu yang sangat beliau senangi adalah ketika shalat berjamah bersama istri dan dua anaknya.

D.  Orang penting dalam negeri

Selain memperkenalkan telur ayam negeri, ia juga merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik di Indonesia. Catatan awal tahun 1985 menyebutkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton.

E.  Pembuktian oleh Bob Sadino

Bob membuktikan sendiri, ia yang hanya bermodal nekad, tapi berlandaskan niat dan keyakinan, serta kerja keras pantang menyerah, tanpa teori sukses ia pun bisa jadi seperti sekarang. Keberhasilan Bob tidak terlepas dari ketidaktahuannya sehingga ia langsung terjun ke lapangan. Setelah jatuh bangun, Bob trampil dan menguasai bidangnya. Proses keberhasilan Bob berbeda dengan kelaziman, mestinya dimulai dari ilmu, kemudian praktik, lalu menjadi trampil dan profesional. Menurut Bob, banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir dan bertindak serba canggih, arogan, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain.

Sosok berambut putih, bercelana pendek, dan kadang mengisap rokok dari cangklongnya ini begitu mudah dikenali. Gaya bicaranya blak-blakan tanpa tedeng aling-aling. Ia adalah Bob Sadino, pengusaha sukses yang terkenal dengan jaringan usaha Kemfood dan Kemchick-nya. Beberapa kali wajahnya ikut tampil di beberapa sinetron hingga ke layar lebar, meski kadang hanya tampil sebagai figuran. Penampilannya yang serba cuek itu ternyata sejalan dengan pola pikirnya yang apa adanya. Sebab, menurutnya, apa yang diraihnya saat ini adalah berkat pola pikir yang apa adanya itu. Ia menyebut bahwa kesuksesannya didapat tanpa rencana, semua mengalir begitu saja. Yang penting, adalah action dan berusaha total, dalam menggeluti apa saja. Totalitas Bob memang patut diacungi jempol, apalagi mengingat lika-liku jalan hidup yang telah ditempuhnya. Pria kelahiran Lampung, 9 Maret 1933 yang hanya lulusan SMA ini pernah mengenyam profesi dari sopir taksi hingga kuli bangunan untuk sekadar bertahan hidup.

2.5.Pelajaran Yang diperoleh

1.         Setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak selalu semulus yang dikira. Seorang sering jungkir balik. uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang

2.         Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia lakukan. Kelemahan banyak orang, terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. “Yang paling penting tindakan,”.

3.         Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak berpikir membuat rencana sehingga tidak segera melangkah. ketika orang hanya membuat rencana, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain, muncullah sifat arogan. Padahal, intinya sebenarnya sederhana saja, lakukan dan selalu dengarkan saran dan keluhan pelanggan.

4.         Sukses itu bukan teori. Namun didapat dari perjuangan dan kerja keras, serta dilandasi keyakinan kuat untuk mewujudkan cita-cita.

2.6. Profil Nadiem Makarim

Nadiem Makarim pendiri GoJek, lahir pada 4 Juli 1984. Sang ayah berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah berprofesi sebagai pengacara, sementara ibu dari Pasuruan, Jawa Timur bekerja di bidang non-profit. Namun, Nadiem sudah mulai bersekolah di Jakarta saat Usia Sekolah Dasar (SD), baru kemudian saat SMA dia bersekolah ke Singapura. Memasuki bangku perkuliahan, Nadiem memilih jalur sarjana di Brown University AS. Jurusan International Relations. Selama satu tahun, Nadiem sempat mengikuti foreign exchange di London School of Economics. Tak puas menjadi sarjana, Nadiem pulang ke Indonesia dengan menyandang gelar MBA (Master of Business Administration) dari Harvard Business School. Lulus dari Brown, Nadiem tak butuh waktu lama terjun ke dunia kerja. Berbekal ijazah yang dimilikinya, Nadiem direkrut menjadi Management Consultant di sebuah lembaga konsultan ternama McKinsey & Company. Di perusahaan ini, Nadiem menghabiskan waktu 3 tahun di kantor mereka di Jakarta. Selain pernah bekerja di perusahaan konsultan, ia juga pernah bekerja menjadi Co-founder dan Managing Editor Zalora Indonesia dan Chief Innovation Officer Kartuku. Sebelum akhirnya pada tahun 2011 lalu ia memutuskan untuk membangun usahanya sendiri yakni Go-Jek.

2.7.Awal mula berdirinya Go-jek

Awalnya Nadiem pun adalah pengguna ojek. Dari obrolannya dengan tukang ojek langganannya ia mengetahui bahwa sebagian besar waktu tukang ojek justru dihabiskan untuk menunggu penumpang dan menunggu giliran dengan tukang ojek lainnya. Di sisi lain ia pun menyadari bahwa ojek selama ini belum memberikan kenyamanan dan keamanan. Maka dari itulah ia bersama teman-temannya mendirikan Go-jek pada tahun 2011. Perusahaan ini menaungi para pengojek di berbagai wilayah Jakarta. Hingga kini sudah ada sekitar 1000 pengojek yang bekerja sama dengan perusahaannya.

 

Ojek Modern yang dipadukan dengan Teknologi dan Aman

Nadiem memadukan teknologi di usahanya ini dimana pelanggan bisa menggunakan aplikasi di smartphone untuk menggunakan layanan Go-jek. Selain itu ojeknya pun dilengkapi dengan GPS sehingga posisi ojek bisa dipantau melalui smartphone. Tarifnya pun bisa terukur dari seberapa jauh jarak yang ditempuh. Selain itu, cara pembayarannya pun menggunakan credit (My Wallet). Dari sisi keamanan, selain menggunakan teknologi tersebut, para pengojek di gojek sudah berpengalaman dan memiliki isin berkendara.

3.2.Layanan Go-Jek

Selain memadukan teknologi, ternyata Nadiem pun memberikan inovasi yang berbeda dari segi layanan. Layanan Go-jek bukan hanya mengantar penumpang, tapi juga layanan antar barang dan juga layanan shoping bagi yang ingin berbelanja tanpa harus keluar rumah.

Penghasilan Pengojek

Pengojek yang bergabung dengan go-jek ternyata penghasilan rata-ratanya sekitar 3 juta per bulan. Uang itu mereka terima setelah dipotong 20% dari perusahaan. Sistemnya adalah bagi hasil, dimana 80% untuk pengojek dan 20% untuk Gojek. Saat ini Go-jek baru melayani di wilayah Jabodetabek. Namun Nadiem Makariem berharap di masa yang akan datang, Go-jek bisa melayani di kota-kota lainnya di Indonesia. Dengan inovasi dalam bisnisnya, Nadiem pun menerima berbagai pengharaan. Selain itu, Go-jek pun banyak diliput media sehingga membuat usahanya semakin dikenal masyarakat.

3.3.Pelajaran Yang diperoleh

Solusi inovatif dengan menggunakan teknologi. Idenya sangat sederhana hanya mempermudah mempertemukan antara pengemudi ojek dengan calon penumpang. Solusi yang sederhana tersebut ternyata mendapat respons yang positif dari masyarakat dan segera berkembang pesat.

 Membuat kebutuhan baru. Pada awalnya orang tidak mau menggunakan ojek, karena di beberapa kota harga ojek cukup mahal dan permasalahan transaparansi harga. Aplikasi Gojek berusaha menyadarkan pada masyarakat, ada sebuah solusi atas kebutuhan mereka. Moda transportas ojek sebenarnya dapat menjadi solusi, jika dikelola dengan benar.

Membuka lapangan kerja baru dan padat karya. Gojek membuka lapanngan kerja baru yang padat karya. Banyak orang-orang muda yang awalnya tidak memiliki penghasilan, saat ini dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar dengan menjadi pengemudi gojek.

3.0. Profil Bill Gates

Bill Gates atau William Henry Gates III adalah seorang multi miliuner yang namanya selalu berada diurutan pertama daftar orang-orang terkaya di dunia. Bill Gates adalah orang yang mendirikan Microsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Siapapun kita yang pernah menggunakan komputer desktop pastinya juga pernah memanfaatkan karyanya, ya salah satunya adalah sistem operasi Windows.Bill Gates dilahirkan pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington. Ayahnya bernama William H Gates, Sr. Adalah seorang pengacara Dan ibunya bernama Marry Maxwell Gates adalah seorang anggota dewan direktur First Interstate Banc System. Jadi Bill Gates adalah anak dari keluarga yang cukup berada bahkan ada rumor jika kakeknya adalah seorang jutawan pula dimana saat Bill Gates lahir, ia secara hukum telah mendapat jatah warisan kekayaan kakeknya sebesar 1 juta dolar. Bill Gates adalah anak ke dua dari empat bersaudara namun ia menyandang gelar Gates III karena memang generasi Gates yang ketiga. Yang pertama adalah kakeknya, yang kedua ayahnya dan yang ketiga dirinya. Jadi gelar Gates III bukanlah urutan lahirnya namun garis keturunan ke 3 dari keluarga Gates. Bill Gates kecil telah menunjukkan kecerdasannya, ia disekolahkan disekolah yang sangat prestisius yaitu Lakeside School yaitu sekolah khusus pria yang sangat ternama dan modern. Walaupun Bill Gates adalah anak orang kaya dan sejak lahir sudah menjadi miliuner melalui jatah warisan dari kakeknya (menurut Forbes yang disebut orang kaya adalah orang yang memiliki kekayaan bersih minimal 1 juta dolar, jadi Bill Gates bayi termasuk salah satunya) namun Bill Gates bukanlah anak yang cepat puas diri. Orang tuanya sangat menanamkan bahwa ia harus memiliki kecerdasan yang unik yang kelak akan membawanya menuju kesuksesan hidup yang lebih baik lagi. Benarlah pemikiran orang tua Bill Gates. Disekolah Bill Gates mendapatkan pelajaran ekstra komputer, saat itu segala hal yang mempelajari komputer adalah hal yang sangat langka, eksklusif dan mahal. Gates dan teman-temannya sangat tertarik dengan pemrograman komputer menggunakan bahasa pemrograman BASIC. Sangking asyiknya, ia keluar dari kelas matematikanya karena ingin berlama-lama menulis program di komputer tersebut. Saat itu komputer yang digunakannya adalah komputer General Electric dengan sebuah terminal  Teletype Model 33 ASR. Saat itu siswa Lakeside School yang terkenal asyik menulis program komputer adalah Bill Gates, Paul Allen, Ric Weiland, dan Kent Evans. Keempat siswa tersebut kemudian dilarang oleh pihak sekolah menggunakan komputer lagi karena tertangkap basah mengembangkan bug di sistem komputer tersebut. Sebelum keempat siswa tersebut benar-benar dilarang, oleh pihak sekolah mereka disuruh untuk menemukan bug tersebut, namun bukannya menemukan bug itu akan tetapi Bill Gates malah menuju kantor pusat komputer itu dan mempelajari kode sumber berbagai program yang berjalan di sistem tersebut seperti FORTRAN, LISP dan bahasa mesin. Dari situlah pengetahuan Bill Gates akan bahasa pemrograman berkembang. Pada tahun berikutnya, sebuah perusahaan pemrograman yang bernama Information Sciences, Inc. Mendengar kepiawaian empat sekawan ini dan mempekerjakannya untuk menulis program sistem pembayaran gaji dengan menggunakan bahasa COBOL, selain mendapat royalti, mereka juga diizinkan memakai komputer kantor selama mungkin. Pada tahun 1973 Bill Gates lulus dari Lakeside School dengan nilai yang hampir sempurna, kemudian Bill Gates melanjutkan pendidikannya dengan berkuliah di Harvard University namun Bill Gates sudah terlanjur menyibukkan diri dengan menulis bahasa pemrograman sehingga kuliahnya di Harvard pun tak dilanjutkannya. Gates malah lebih senang menghabiskan waktunya bersama teman sekolahnya dulu yaitu Paul Allen.



 

3.1. Perjalanan Hidup Bill Gates

Mendirikan Microsoft

Pada tahun 1974 MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 baru saja diluncurkan, dari situlah berkembang idenya untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak dengan menggandeng Paul Allen sebagai mitranya. Bill Gates kemudian menghubungi MITS dan menawarkan operating system berbasis BASIC yang dapat dipakai sebagai platformnya. MITS pun menyetujuinya. Sistem operasi pertamanya ini dinamai Altair Basic. Dan Bill Gates bersama Paul Allen memberikan nama pada perusahaan softwarenya dengan nama “Micro-soft” lalu tanda sambung itu dilain waktu akhirnya dihilangkan sehingga sampai sekarang menjadi “Microsoft” dan Bill Gates menjadi pemegang saham pribadi terbesarnya.

Bekerjasama Dengan IBM

Keahlian Bill Gates bersama Microsoft dalam menulis bahasa pemrograman untuk komputer semakin dikenal luas. Pada tahun 1980 IBM mengumumkan bahwa ia memerlukan sebuah sistem operasi untuk PC nya dan ia meminta Microsoft untuk membuatkannya. Akhirnya Bill Gates pun membuatkannya dengan nama sistem operasi 86 DOS atau QDOS yang kemudian dikirim ke IBM dalam bentuk PC-DOS. Dari situ Bill Gates mendapat imbalan $50.000. Microsoft juga tidak mengajukan pemindahan hak cipta perangkat lunaknya pada IBM. Dari situlah akhirnya penjualan MS-DOS menjadikan Microsoft pemain utama perangkat lunak dalam industri komputer. Jika semisal perangkat lunak yang ditulis oleh Bill Gates tersebut lisensinya dijual pada IBM, mungkin IBM yang akan untung besar dan menguasai pasar dan Microsoft tidak bisa sebesar saat ini. Benar-benar revolusioner otak Bill Gates, tidak hanya pintar menghasilkan program yang sederhana namun bermutu tetapi juga pandai dalam menjualnya.

Gaya Kepemimpinan Bill Gates

Bill Gates terkenal keras pada manajer-manajernya bahkan mungkin “kejam”. Maklumlah itu karena ia memiliki tanggung jawab ganda di Microsoft, selain harus menjadi penulis program aktif dia juga harus memikirkan strategi perusahaan kedepannya agar dapat menjadi pemain utama dan saat telah mencapai puncak harus mati-matian mempertahankannya bahkan kalau perlu memonopolinya.

Sering disaat rapat dengan manajernya ia secara spontan memotong presentasi manajernya dan mengatakan “ Itu hal terbodoh yang pernah aku dengar,” tentu saja hal ini sangat memukul perasaan manajernya. Buill Gates juga selalu meminta para manajer di perusahaannya untuk menyampaikan presentasi se detil-detilnya sampai Bill Gates yakin dan menyetujuinya.

Tersandung Kasus Hukum

Cara Bill Gates berbisnis cenderung anti persaingan dan ingin memonopoli pasar, hal inilah yang membuatnya bermasalah dengan pemerintahan United States. Hal ini terkenal dengan kasus United States v.s Microsoft. Namun hal ini tak membuat Microsoft keder malah Bill Gates bersama Microsoft berani melawannya. (Wow bener-bener keras kepala si Bill Gates pantesan suksesnya tak pernah bisa diungguli sampai sekarang).

Keluarga Bill Gates

Bill Gates menikah dengan Melinda French pada tanggal 1 Januari 1994. Konon dalam pesta pernikahannya ini menelan biaya sampai triliunan rupiah jika dikurs kan dalam rupiah dan Bill Gates memboking seluruh hotel di kota tempat dia menikah untuk para undangannya. Dari pernikahannya dengan Melinda, Bill Gates dikaruniai tiga orang anak yang bernama Katharine Gates (lahir 1996), Rory John Gates (lahir 1999), dan Phoebe Adele Gates (lahir 2002). Bill Gates dan Melinda adalah pasangan yang sangat serasi. Melinda adalah wanita cerdas, dia menyadari jika suaminya adalah bukan pria sembarangan melainkan seorang visioner di bidang bisnis perangkat lunak jadi diapun harus bisa mengimbanginya.

Rumah Bill Gates

Bill Gates dan istrinya serta anak-anaknya mendiami rumah mewah yang berada di Medina menghadap Lake Washington seluas 6100m². Rumah ini dilengkapi swimming poll seluas18m, area gymnasium seluas 230m² dan memiliki ruang makan yang luasnya 93m². Nilai total propertinya adalah $125 juta dan dia harus membayar pajak setiap tahun untuk rumah mewahnya sebesar $991.000.

Rumah Bill Gates di Seattle, dibangun diatas tanah 5 hektar dan menelan 53 juta dolar. Dalam rumah tersebut terdapat 7 kamar tidur, 24 kamar mandi dengan 10 diantaranya sangat mewah, 6 dapur, 6 fireplace, bioskop, perpustakaan, ruang bermain keluarga, dan juga fasilitas kesehatan. Ruang bioskop sebesar 1500 kaki dengan 20 tempat duduk dan mesin popcorn. Kolam renang indoor yang dilengkapi dengan underwater music system. Rumah tersebut tentunya dilengkapi dengan komputerisasi yang amat canggih, banyak kabel fiber optik bertebaran.



 

BAB III

PENUTUP

 

 

3.1.Kesimpulan

a.       setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak selalu semulus yang dikira. Seorang sering jungkir balik. uang bukan yang nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang

b.      Di saat melakukan sesuatu pikiran seseorang berkembang, rencana tidak harus selalu baku dan kaku, yang ada pada diri seseorang adalah pengembangan dari apa yang telah ia lakukan. Kelemahan banyak orang, terlalu banyak mikir untuk membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. “Yang paling penting tindakan,”.

c.       Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak berpikir membuat rencana sehingga tidak segera melangkah. ketika orang hanya membuat rencana, karena merasa memiliki ilmu yang melebihi orang lain, muncullah sifat arogan. Padahal, intinya sebenarnya sederhana saja, lakukan dan selalu dengarkan saran dan keluhan pelanggan.

d.      Sukses itu bukan teori. Namun didapat dari perjuangan dan kerja keras, serta dilandasi keyakinan kuat untuk mewujudkan cita-cita.

 

 

 

 


DAFTAR PUSTAKA

 

 

Chasan, Mas’ud. 2007. Sukses Bisnis Modal Dengkul. Yogyakarta : Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Yogyakarta.

Nitbani, Paulus. 2010. Cecak Jadi Dolar. Jakarta : Suara Harapan Bangsa

Hellen, Anggraeni. 2013. 10 Karakteristik Umum Pengusaha Sukses. Diunduh pada 05 November 2015 dari http://mebiso.com/10-karakteristik-umum-pengusaha-sukses/

Anonim. 2013. Biografi Bill Gates - Orang Terkaya Sedunia. Diunduh pada 05 November 2015 dari  http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.co.id/2013/09/biografi-bill-gates-orang-terkaya.html

Anonim. 2015. Nadiem Makarim, Sosok Dibalik Suksesnya Gojek. Diunduh pada 05 November 2015 dari http://www.fiskal.co.id/berita/fiskal-5/5888/nadiem-makarim,--sosok-dibalik-suksesnya-gojek#.VjsUwCvLmBS

Coconut, Choco. 2015. Makalah Kewirausahaan "Sharing Success Story" Bob Sadino. Diunduh pada 05 November 2015 dari http://ilmu00.blogspot.co.id/2015/03/makalah-kewirausahaan-sharing-success.html

 

 

14 komentar:

  1. Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Terimakasih telah mengunjungi Catatan Mahasiswa. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat...

    BalasHapus
  3. Wah sangat bermanfaat sekali artikelnya untuk mengispirasi
    PUBLIC SPEAKING SEMARANG

    BalasHapus
  4. Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games boss !!!
    CAPSA SUSUN | PLAY POKER | BANDAR POKER | BandarQ | Domino99 | AduQ | SAKONG Terbaik

    Keunggulan Legenda QQ :
    - MINIMAL DEPO & WD 20.000
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24 JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI


    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + website : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus
  5. Sungguh sangat Bermanfaat menginspirasi

    www.ilyas-afsoh.com/2018/08/082141502649-sukses-menulis-dan.html

    www.ilyas-afsoh.com

    BalasHapus
  6. Kabar baik  Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  7. Kabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.

    BalasHapus
  8. Almarhum Om Bob Sadino emang nyentrik dan menginspirasi banget ya. Oiya, tau nggak sih kalo ternyata tuh Om Bob pernah dimarahi sama paspampres pas zamannya Pak Harto. Kira-kira kenapa ya? Cek disini ya man teman: Bob Sadino Dimarahi Paspampres

    BalasHapus
  9. Saya menandai webster dengan nama saya seorang petugas polisi dan saya tinggal di tenggara kentucky di A.S., Beberapa hari yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya hanya menemukan orang-orang menipu saya dengan uang saya. Saya benar-benar membutuhkan pinjaman ini untuk sebuah proyek di Kolombia dan saya telah ditipu beberapa kali suatu hari ketika saya tidak bertugas, saya memutuskan untuk melihat lagi kali ini untuk perusahaan sejati yang memberikan pinjaman. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY dan banyak lagi orang-orang telah bersaksi tentang perusahaan ini pada awalnya saya tidak percaya tetapi saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman yang saya cari adalah sejumlah $ 6.000.000,00 yang saya ajukan dari perusahaan ini dan mereka memberi tahu saya semua yang perlu dilakukan saya mempercayai mereka dan saya melakukan apa mereka menyuruh saya melakukannya dan mereka meyakinkan saya bahwa dalam waktu 7 jam saya akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman, saya tidak pernah mempercayai mereka tetapi saya menunggu pinjaman saya tepat waktu 7 jam saya mendapat telepon dari perusahaan bahwa jika saya telah menerimanya pinjaman saya belum dan saya berkata Tidak. Mereka mengatakan kepada saya untuk pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya bahwa bank saya mungkin tidak mengirimi saya peringatan, saya patuhi dan saya pergi ke bank saya dan memeriksa rekening saya dengan terkejut ketika sampai di sana saya melihat pinjaman $ 6,000,000.00 di akun saya uang yang saya miliki di akun saya sebelumnya ore adalah $ 1,000,000.00 dan sekarang saya menemukan $ 7,000,000.00 sebagai pulsa uang saya dan pinjaman saya adalah $ 7,000,000.00 saya sangat senang dan saya berterima kasih kepada perusahaan ini karena mereka hebat. Saya ingin menggunakan sedikit waktu saya untuk menulis kepada orang-orang di Amerika Serikat dan orang-orang di seluruh dunia bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman nyata, karina roland adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari perusahaan ini tidak tahu saya melakukan ini jadi jika ada yang membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi saya melalui mail markwebster023@gmail.com atau menghubungi perusahaan melalui alamat surat karinarolandloancompany@gmail.com, salam +1585 708-3478 salam.

    BalasHapus