PEMANFAATAN INTERNET DALAM
PEMBELAJARAN
Sebagian
besar masyarakat sekarang ini telah mengetahui apa itu internet. Internet
sendiri adalah gabungan dari jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia yang
terhubung. Di sisi lain internet merupakan sumber informasi global yang memanfaatkan
kumpulan jaringan-jaringan komputer tersebut sebagai medianya sehingga demikian
memungkinkan setiap komputer yang terhubung kepadanya dapat menghubungi banyak
komputer kapan saja, dan dari mana saja di belahan bumi ini untuk mengirim
berita, memperoleh informasi ataupun mentransfer data.
Dalam
pendidikan, internet sudah menjadi media yang sangat diperlukan untuk
pembelajaran. Karena internet merupakan suatu jendela dunia dan sudah dianggap
perpustakan dunia yang melalui media online. Ada
tiga bentuk sistem pembelajaran melalui internet yang dijadikan dasar
pengembangan sistem pembelajaran dengan mendayagunakan internet yaitu : (1) Suplemen (tambahan), dengan adanya e-learning, peserta didik mempunyai
kebebasan memilih, apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau
tidak. (2) Komplemen (pelengkap), dalam e-learning, materi
pembelajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi reinforcement
(pengayaan) yang bersifat enrichment atau remedial bagi peserta didik. (3) Subtitusi (pengganti),
pada e-learning peserta didik dan guru sepenuhnya terpisah, namun hubungan atau komunikasi antara peserta didik
dengan pendidik bisa dilakukan setiap saat. Dalam hal ini, pembelajaran
diarahkan kepada kelas maya (virtual Classroom).
Perkembangan teknologi
dengan media internet dalam pembelajaran memiliki manfaat, seperti menjadi
jawaban bagi kelemahan-kelemahan proses belajar-mengajar yang bersifat konvensional,
meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, meningkatkan kadar interaksi
pembelajaran, memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan
kapan saja, menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas, mempermudah
penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran, sebagai tempat pencarian
materi untuk pembelajaran karena ada beberapa aplikasi internet yang memberi
kemudahan dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan internet dalam proses
pembelajaran akan membantu dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas peserta
didiknya. Dan melalui internet pula seakan-akan kampus ataupun sekolahan
membuka kelas di berbagai lokasi. Para peserta didik dari berbagai belahan
dunia dapat langsung mengakses situs web kampus maupun sekolahannya dan
mengikuti pendidikan hanya dari komputer di hadapan kita tentunya dengan
jaringan internet. Kemudian, pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi
secara langsung. Dalam pembelajaran saat ini
tidak terlepas dari penggunaan internet. Hal ini dikarenakan perkembangan
teknologi yang pesat di dunia. Guru dan siswa mampu menambah wawasan dalam berbagai
hal yang berhubungan dengan pendidikan.
Ada beberapa manfaat lain yang dapat dipetik oleh
lembaga pendidikan dan peserta didik, dari pemanfaatan internet. Lembaga
pendidikan dapat memperoleh kontribusi dari internet berupa: perluasan jaringan
mitra kerja, baik dengan lembaga atupun instansi di dalam maupun luar negeri,
serta pengendalian biaya khususnya pengurangan biaya pembangunan sarana fisik.
Juga mengefektifkan hubungan antara peserta didik dan pendidik karena peserta
didik dapat berkonsultasi atau belajar bersama pendidik tanpa terikat tempat
dan waktu. Selanjutnya lembaga pendidikan dapat membangun simulasi-simulasi
pendidikn seperti e-laboratory, memperluas layanan perpustakaan melalui
e-library, serta memperluas informasi. Lembaga pendidikan diuntungkan dalam
segi penekanan biaya transportasi, akomodasi, dan penyediaan aset fisik.
Semantara itu bagi peserta didik dapat mengambil manfaat seperti penekanan
biaya tinggal bagi peserta didik dari luar kota atau luar daerah. Dan fleksibel
dalam mengikuti proses pendidikan, tetapi interaksi dengan pendidik tetap dapat
berlangsung dengan baik.
Dalam standar media internet yang dapat digunakan
sebagai sarana pendidikan yaitu : (1) E-mail atau Electronic mail, E-mail dapat
disebut sebagai bagian terpenting dari aplikasi internet. E-mail di desain
dengan aplikasi yang sederhana namun sangat penting dari segala aplikasi
lainnya, bahkan lebih penting dari web, karena sebagian web terutama web yang
gratis menggunakan basis e-mail juga.; (2) Mailing list, ini merupakan
fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat kelompok diskusi. Dengan
menggunakan mailing list, pemilik e-mail dapat bergabung dengan sebuah kelompok
diskusi untuk saling bertukar informasi, namun tidak dapat diintervensi oleh
orang yang tidak mengikuti grupnya.; (3) News Group, news group adalah
fasilitas yang dapat digunakan oleh dua orang atau lebih secara bersamaan,
contoh dari news group adalah chat.; (4) File Transfer Protocol atau yang biasa
disebut FTP, melalui FTP seseorang dapat mengunggah file dari komputer ke media
internet, proses ini disebut proses up-load. Sebaliknya, seseorang juga dapat
mengunduh file dari internet ke computer, proses ini disebut dengan down-load.;
(5) Word Wide Web atau yang biasa disingkat www merupakan basis web yang
memiliki kumpulan dokumen yang sangat besar yang tersimpan dalam sebuah server
yang terhubung dari suatu jaringan. Dikembangkan dalam format Hypertext Markup
Language (HTML).
Ada beberapa kondisi yang
harus dimiliki oleh internet agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk
pembelajaran. Kondisi tersebut kaitanya dengan strategi pembelajaran yang akan
dikembangkan yaitu meliputi pembelajaran, diskusi, membaca, penugasan, presentasi,
dan evaluasi. Hal tersebut menjadi penting karena dalam merancang suatu
kegiatan pembelajaran dengan mengutamakan keseimbangan tersebut sangat penting
pada lingkungan pembelajaran berbasis web. Progam pembelajaran berbasis web pembelajaran
ini ditujukan untuk menyediakan fasilitas berbasis web yang memungkinkan
pembelajaran yang lebih mandiri. Fasilitas standar tersebut seperti:
modul-modul pembelajaran on-line, kelas virtual, manajemen komunikasi dan
kolaborasi: bulletin board, chat, forum diskusi, manajemen informasi dan
perpustakaan digital. Fasilitas standar tersebut mempunyai fleksibelitas untuk
menampung content pembelajaran dalam jumlah besar dan memungkinkan untuk di
sharing sebagai aset bersama komunitas pendidikan.
Daftar Pustaka
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi
Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutedjo, B. Esther, & Eddy Hartono. 2007. Pengantar Teknologi Informasi Internet:
Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Ilmiah Informatika, 1.
Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Ilmiah Informatika, 1.
Terimakasih artikelnya sangat membantu. Pesan dr saya untuk semua jangan sampai kita dikendalikan internet.
BalasHapussama-sama :)
BalasHapussaya setuju memang Internet saat ini sangat berpengaruh dalam kehidupan kita apalagi untuk dunia pendidikan. Dalam penggunaanya pun maka kita harus lebih bias memanage diri sendiri untuk menggunakan internet secara positif oke
Ayo Kak Update
BalasHapusMain Ya ke Rumahku