Mengenai Saya

Foto saya
Nama lengkapku Ida Forentina. Orang biasa memanggilku Ida. Aku lahir di Semarang pada tanggal 12 Oktober 1996 dengan normal alhamdulillah. Untuk kepribadianku sendiri, aku adalah seseorang yang suka berkreasi dan berinovasi. Aku suka mencoba hal-hal baru tapi cepat sekali merasa bosan. Aku orang yang selalu ingin hal yang terbaik di setiap pekerjaan yang aku lakukan.

Kamis, 10 Desember 2015

PEMBELAJARAN BERBASIS WEB


PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN
 

Sebagian besar masyarakat sekarang ini telah mengetahui apa itu internet. Internet sendiri adalah gabungan dari jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia yang terhubung. Di sisi lain internet merupakan sumber informasi global yang memanfaatkan kumpulan jaringan-jaringan komputer tersebut sebagai medianya sehingga demikian memungkinkan setiap komputer yang terhubung kepadanya dapat menghubungi banyak komputer kapan saja, dan dari mana saja di belahan bumi ini untuk mengirim berita, memperoleh informasi ataupun mentransfer data.

Dalam pendidikan, internet sudah menjadi media yang sangat diperlukan untuk pembelajaran. Karena internet merupakan suatu jendela dunia dan sudah dianggap perpustakan dunia yang melalui media online. Ada tiga bentuk sistem pembelajaran melalui internet yang dijadikan dasar pengembangan sistem pembelajaran dengan mendayagunakan internet yaitu : (1) Suplemen (tambahan), dengan adanya e-learning, peserta didik mempunyai kebebasan memilih, apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. (2) Komplemen (pelengkap), dalam e-learning, materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi reinforcement (pengayaan) yang bersifat enrichment atau remedial bagi peserta didik. (3) Subtitusi (pengganti), pada e-learning peserta didik dan guru sepenuhnya terpisah, namun hubungan atau komunikasi antara peserta didik dengan pendidik bisa dilakukan setiap saat.  Dalam hal ini, pembelajaran diarahkan kepada kelas maya (virtual Classroom).



 Perkembangan teknologi dengan media internet dalam pembelajaran memiliki manfaat, seperti menjadi jawaban bagi kelemahan-kelemahan proses belajar-mengajar yang bersifat konvensional, meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, meningkatkan kadar interaksi pembelajaran, memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja, menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas, mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran, sebagai tempat pencarian materi untuk pembelajaran karena ada beberapa aplikasi internet yang memberi kemudahan dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran akan membantu dunia pendidikan dalam meningkatkan kualitas peserta didiknya. Dan melalui internet pula seakan-akan kampus ataupun sekolahan membuka kelas di berbagai lokasi. Para peserta didik dari berbagai belahan dunia dapat langsung mengakses situs web kampus maupun sekolahannya dan mengikuti pendidikan hanya dari komputer di hadapan kita tentunya dengan jaringan internet. Kemudian, pendidik dan peserta didik dapat berkomunikasi secara langsung. Dalam pembelajaran saat ini tidak terlepas dari penggunaan internet. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang pesat di dunia. Guru dan siswa mampu menambah wawasan dalam berbagai hal yang berhubungan dengan pendidikan.

Ada beberapa manfaat lain yang dapat dipetik oleh lembaga pendidikan dan peserta didik, dari pemanfaatan internet. Lembaga pendidikan dapat memperoleh kontribusi dari internet berupa: perluasan jaringan mitra kerja, baik dengan lembaga atupun instansi di dalam maupun luar negeri, serta pengendalian biaya khususnya pengurangan biaya pembangunan sarana fisik. Juga mengefektifkan hubungan antara peserta didik dan pendidik karena peserta didik dapat berkonsultasi atau belajar bersama pendidik tanpa terikat tempat dan waktu. Selanjutnya lembaga pendidikan dapat membangun simulasi-simulasi pendidikn seperti e-laboratory, memperluas layanan perpustakaan melalui e-library, serta memperluas informasi. Lembaga pendidikan diuntungkan dalam segi penekanan biaya transportasi, akomodasi, dan penyediaan aset fisik. Semantara itu bagi peserta didik dapat mengambil manfaat seperti penekanan biaya tinggal bagi peserta didik dari luar kota atau luar daerah. Dan fleksibel dalam mengikuti proses pendidikan, tetapi interaksi dengan pendidik tetap dapat berlangsung dengan baik.

 

Dalam standar media internet yang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan yaitu : (1) E-mail atau Electronic mail, E-mail dapat disebut sebagai bagian terpenting dari aplikasi internet. E-mail di desain dengan aplikasi yang sederhana namun sangat penting dari segala aplikasi lainnya, bahkan lebih penting dari web, karena sebagian web terutama web yang gratis menggunakan basis e-mail juga.; (2) Mailing list, ini merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat kelompok diskusi. Dengan menggunakan mailing list, pemilik e-mail dapat bergabung dengan sebuah kelompok diskusi untuk saling bertukar informasi, namun tidak dapat diintervensi oleh  orang yang tidak mengikuti grupnya.; (3) News Group, news group adalah fasilitas yang dapat digunakan oleh dua orang atau lebih secara bersamaan, contoh dari news group adalah chat.; (4) File Transfer Protocol atau yang biasa disebut FTP, melalui FTP seseorang dapat mengunggah file dari komputer ke media internet, proses ini disebut proses up-load. Sebaliknya, seseorang juga dapat mengunduh file dari internet ke computer, proses ini disebut dengan down-load.; (5) Word Wide Web atau yang biasa disingkat www merupakan basis web yang memiliki kumpulan dokumen yang sangat besar yang tersimpan dalam sebuah server yang terhubung dari suatu jaringan. Dikembangkan dalam format Hypertext Markup Language (HTML). 

            Ada beberapa kondisi yang harus dimiliki oleh internet agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk pembelajaran. Kondisi tersebut kaitanya dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan yaitu meliputi pembelajaran, diskusi, membaca, penugasan, presentasi, dan evaluasi. Hal tersebut menjadi penting karena dalam merancang suatu kegiatan pembelajaran dengan mengutamakan keseimbangan tersebut sangat penting pada lingkungan pembelajaran berbasis web. Progam pembelajaran berbasis web pembelajaran ini ditujukan untuk menyediakan fasilitas berbasis web yang memungkinkan pembelajaran yang lebih mandiri. Fasilitas standar tersebut seperti: modul-modul pembelajaran on-line, kelas virtual, manajemen komunikasi dan kolaborasi: bulletin board, chat, forum diskusi, manajemen informasi dan perpustakaan digital. Fasilitas standar tersebut mempunyai fleksibelitas untuk menampung content pembelajaran dalam jumlah besar dan memungkinkan untuk di sharing sebagai aset bersama komunitas pendidikan.

 

 
 

Daftar Pustaka

 

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutedjo, B. Esther, & Eddy Hartono. 2007. Pengantar Teknologi Informasi Internet: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Ilmiah Informatika, 1.
  
Ferlina, Nisa. 2013. Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran. Diunduh dari http://jurnalilmiahtp2013.blogspot.co.id/2013/12/penggunaan-teknologi-dalam-pembelajaran_27.html, pada 27 September 2015.

3 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat membantu. Pesan dr saya untuk semua jangan sampai kita dikendalikan internet.

    BalasHapus
  2. sama-sama :)
    saya setuju memang Internet saat ini sangat berpengaruh dalam kehidupan kita apalagi untuk dunia pendidikan. Dalam penggunaanya pun maka kita harus lebih bias memanage diri sendiri untuk menggunakan internet secara positif oke

    BalasHapus